Optimasi Pergerakan Motor Stepper 3 Axis Dengan Metode Microstepping Dan Pembuatan Unique Code Pada Lead Frame

  • Alfino Suhendra Politeknik Negeri Batam
  • Nanta Fakih Prebianto Politeknik Negeri Batam
  • Nur Sakinah Asaad Politeknik Negeri Batam
Keywords: Motor, Stepper, laser, Manufaktur, Optimasi

Abstract

Perkembangan teknologi industri saat ini memang tidak bisa diragukan lagi semenjak munculnya industri 4.0 yang sangat menunjang produktifitas dan efektifitas. Hal ini semakin menuntut setiap perusahaan  untuk lebih berkembang dan dapat bersaing dalam dunia industry. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem yang dapat mengurangi pemakaian tenaga manusia tetapi tetap meningkatkan jumlah produktifitas. Microstepping merupakan sebuah mekanisme pada industri yang menggunakan fungsi dasar pada motor stepper yaitu pergerakan, dengan mengurangi probabilitas yang mungkin dapat menyebabkan timbulnya permasalahan pada sistem itu sendiri. Sistem ini diterapkan pada alat yang sebelumnya sudah dibuat bernama “Chip RFID Tester” yang berfungsi untuk melakukan pergerakan dalam pembacaan chip RFID yang tertera pada lead frame. Untuk peningkatan efisiensi yang mampu dilakukan oleh Chip RFID Tester dengan menggunakan metode microstepping mencapai ±50% dibandingkan dengan tidak menggunakan microstepping.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Arief Wisnu Wardhana dan Daru Tri Nugroho, “Pengontrolan Motor Stepper Menggunakan Driver DRV 8825 Berbasis Sig-nal Square Wave dari Timer Mikrokontroller AVR”, Jurnal Nasional Teknik Elektro, Vol. 7, No. 1, Maret 2018.
[2] Marc McComb, “Introduction to Stepper Motors Part 2 : Stepper Motor Control”, Mi-crochip, 2007
[3] Texas Instrument, “DRV8825 Stepper Motor Controller”, 2014
[4] Indra A Eko Prasetyo dan Rikie Kartadie, “Sis-tem Keamanan Area Parkir Stkip Pgri Tulun-gagung Berbasis Radio Frequency Identifica-tion (Rfid)”, JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), Volume 3, Nomor 1, Maret 2019.
[5] Marti Deans. “CNC Coordinate System Made Easy” Internet: https://www.autodesk.com/products/fusion-360/blog/cnc-coordinate system-made-easy/, 2018.
[6] rsid-solutions. “RF LF & HF Performance Tester T8200PRO-G” Internet: http://www.rsid-solu-tions.com/products/RFID_Inlay_Tag/318.html?gclid=EAIaIQobChMIovTntYLS7gIVCMWWCh2veQYWEAAYASAAEgIPPPD_BwE
Published
2021-04-30
Section
Articles