Water Treatment

  • Nanang Yulistio Politeknik Negeri Batam
  • Muhammad Prihadi Eko Wahyudi Politeknik Negeri Batam
Keywords: Water Treatment, disenfeksi, koagulasi

Abstract

Water Treatment adalah unit yang berfungsi dalam pengolahan air yang digunakan untuk mendukung kegiatan produksi, antara lain seperti memenuhi keperluan air bersih dan air minum. Teknologi pemeliharaan air limbah adalah kunci dalam pemeliharaan kelestarian lingkungan. Berbagai teknik pengolahaan air buangan untuk menyisihkan bahan polutan telah dicoba untuk dikembangkan. Proses yang terlibat dalam pengolahaan air minum untuk tujuan pemisahan padatan dapat menggunakan proses fisik seperti pengendapan dan penyaringan, pada proses kimia seperti disenfeksi dan koagulasi, sedangkan pada proses biologi dapat menggunakan proses aerasi, lumpur aktif atau filter pasir. Proses pengolahan ini memerlukan sistem listrik, seperti menghidupkan pompa. Penggunaan sumber listrik bisa dari PLN dan listrik mandiri seperti sel surya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Hidayat, M. Y., Fauzi, R., dan South, A. E. Efektivitas Multimedia Dalam Biofilter Pada Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga. Jurnal Penelitian Pengolahaan Daerah Aliran Sungai, vol. 3, pp. 111-126, Okt. 2019.
[2]. Mubin, F., Binilang, A., dan Halim, F. Perencanaan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Di Kelurahan Istiqlal Kota Mana-do. Jurnal Sipil Statik, vol. 4, pp. 221-223, Mar. 2016.
[3]. Permana, D. S. Analisa Jenis Dan Spesifi-kasi Pompa Air Bersih Gedung Pabrik Pe-rakitan Pt. Adm. Sinergi 21, 91 (2017).

[4]. Purwoto, B. H. Efisiensi Penggunaan Panel Surya Sebagai Sumber Energi Alternatif. Emit. J. Tek. Elektro 18, 10–14 (2018).

[5]. Samman, F. A., Ahmad, R. & Mustafa, M. Perancangan, Simulasi dan Analisis Harmo-nisa Rangkaian Inverter Satu Fasa. J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf. 4, 62–70 (2015).

[6]. Sa’diyah, K., Syarwani, M., dan Udjiana, S.S. Pengolahaan Air Limbah Domestik Menggunakan Kombinasi Settlement Tank dan Fixed-Bed Coloumn Up-Flow. Jurnal Teknik Kimia dan Lingkungan, vol. 2, pp. 85-88, Okt. 2018.
[7]. Suriya, T. Analisa Perhitungan Tegangan Dan Arus Pada Penggunaan Motor Pompa Air Dc Yang Disuplai Oleh Sistem Pem-bangkit Listrik Tenaga Surya. (2018).

[8]. Suryana, D. Pengaruh Temperatur/Suhu Ter-hadap Tegangan Yang Dihasilkan Panel Surya Jenis Monokristalin (Studi Kasus: Baristand Industri Surabaya). J. Teknol. Proses dan Inov. Ind. 1, 5–8 (2016).

[9]. Wiyono, N., Faturrahman, A. & Syauqiah, I. Sistem Pengolahan Air Minum Sederhana (Portable Water Treatment). Konversi 6, 27 (2017).

[10]. Zulaekah, S. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas. Obesitas Sent. Dan Kadar Koles. Darah Total 9, 37–43 (2013).
Published
2021-04-30
Section
Articles