Pengendalian Lampu Berbasis Android

  • Chelin Srihayati Ningsih POLITEKNIK NEGERI BATAM
  • Arif Febriansyah Juwito Politeknik Negeri Batam
Keywords: Smartphone Android, Module Wifi, Mikrokontroler

Abstract

Pengendalian Lampu Berbasis Android ini dirancang dengan tujuan untuk membuat simulasi dari rangkaian. Umumnya piranti elektronika pada rumah tangga dikendalikan secara manual, contoh pada lampu. Lampu merupakan sebuah piranti elektronika yang berfungsi untuk penerangan ruangan didalam rumah, sehingga sangat penting untuk kegiatan didalam rumah setiap harinya. Namun saat pengguna memiliki kesibukan, akan terjadi kesulitan untuk menyalakan dan mematikan lampu. Maka diperlukan sebuah sistem pengendalian jarak jauh perangkat atau alat-alat listrik agar lebih mudah dalam penggunanya. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka dibuat lah alat yang dapat digunakan untuk mengedalikan lampu rumah dengan jarak menggunakan smartphone android. Sistem yang dibangun memanfaatkan wifi pada android yang dihubungakan dengan module wifi ESP8266 pada Android sebagai perangkat pengontrolan. Hasil dari penelitian alat ini dibuat dari sistem yang dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Pengendalian Lampu Berbasis Android ini dapat dilakukan pengguna melalui Smartphone Android.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Muhammad Ma’mur , Kholifah Al Mubarokallah, “Sistem Kendali Jarak Jauh Berbasis Web,” Jurnal cendikia Vol.XVI Cendikia,2018
[2] Fajar Ari Irawan, “Pengendalian Lampu Berbasis IoT dengan Mikrokonttroler Atmega16,” Proyek Akhir, Universitas Negeri Yogyakarta,2016.
[3] Siswondo Aji Nugroho, “ Aplikasi Mobile untuk Pengendalian Lampu berbasis Android,” Naskah Publikasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom Yogyakarta,2014.
[4] Randi Abdul Rohman, “Pengendalian Lampu Berbasis IoT dengan Mikrokontroler ESP8266 Node MCU melalui ThingSpeak,” Laporan Tugas Akhir, Sekolah Menegah Bandung.
[5] Iswanto, gandi, “Perancangan dan Implementasi Sistem Kendali Lampu Ruangan Berbasis IoT (Internet of Thing) Android, FIKI | Jurnal Teknologi Infomasi dan Komunikasi | ISSN : 20887-2372, Universitas Sastranegara Bandung.
Published
2021-04-30
Section
Articles