Optimasi Pesawat Atwood Menggunakan Sensor LDR (Light Dependent Resistor)

  • Adlian Jefiza Politeknik Negeri Batam
  • Hafidz Novianas Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Percepatan, Pesawat Atwood, Sensor LDR

Abstract

Pesawat Atwood merupakan alat yang sering digunakan untuk membuktikan hukum-hukum tentang gerak. Di Laboratorium Fisika Universitas Muhammadiyah Riau, pengukuran pada pesawat Atwood masih dilakukan secara manual dengan menggunakan stopwatch. Penggunaan stopwatch untuk menghitung waktu dianggap tidak optimal karena butuh ketelitian yang akurat yang terkadang mendapatkan hasil yang tidak presisi dan akurat. Pada penelitian ini dirancang sebuah alat yang dapat mengukur percepatan secara otomatis pada pesawat Atwood menggunakan sensor LDR. Alat ini digunakan untuk mengukur percepatan beban jatuh pada jarak 25, 35, dan 40 cm dengan massa beban tambahan 10, 15, dan 20 gram. Dari hasil pengukuran percepatan secara otomatis diperoleh persentase kesalahan rata-rata 3,97%. Hal ini menunjukan bahwa pengukuran percepatan pada pesawat Atwood secara otomatis menggunakan sensor LDR memiliki tingkat keberhasilan 96,03% dibandingkan dengan pengukuran percepatan yang dilakukan secara manual yang hanya memiliki tingkat keberhasilan 89,82%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Alat peraga pembelajaran dan praktikum fisika. [Online] Available: https://sites.google.com/site/soalundanvideopraktikum/[ Aug. 18, 2020).
[2] Dema Siska Afrilla, Walfed Tambunan, and Sugianto, “Rancang Bangun Rangkaian Timer Otomatis Pesawat Atwood,” Jom Fmipa, vol. 1, pp. 1–6.
[3] Fitri Yani, Yeeri Badrun, and Sri Fitria Retnowati, “Otomatisasi Waktu Pada Pesawat Atwood Menggunakan Sensor Hc-Sr04,” in 1th Celscitech-UMRI, 2016, pp. 73–76.
[4] Ahmad Solihun, Arif Maftukhin, and Eko Setyadi Kurniawan, “Pengembangan Alat Peraga GLB dan GLBB Berbasis Sensor LDR (Light Dependent Resistor),” J. Radiasi, vol.06, pp. 110–114.
[5] Firman Nugraha, Resti Wulansari, and Kartika Hajar Kirana, “Eksperimen Pesawat Atwood Berbasis Pengolahan Aplikasi Tracker Untuk Mengamati Fenomena Gerak Lurus Beraturan Dan Gerak Lurus Berubah Beraturan Pada Pembelajaran Fisika Sma,” Pros. Semin. Nas. Fis. E-J. SNF, 2017, vol. VI.
Published
2020-08-31
Section
Articles