Pemodelan Gerak Partikel Butiran pada Proses Granulasi pada Pembuatan Pupuk Granul

  • Yopy Mardiansyah Institut Teknologi Batam
  • Delia Meldra Universitas Ibnu Sina
  • Yulia Yulia Institut Teknologi Bandung
Keywords: Granul, Pupuk Organik, Tanah, Granulasi

Abstract

Penggunaan pupuk untuk menjaga kesuburan tanah saat ini masih menjadi pilihan  utama bagi petani di Indonesia. Tujuan penggunaan pupuk ini adalah untuk menjaga kesuburan tanah. Pupuk yang banyak digunakan adalah jenis pupuk anorganik. Hal ini terlihat dari permintaan pupuk anorganik yang terus meningkat tiap tahunnya. Padahal penggunaan pupuk jenis anorganik dengan takaran yang tidak jelas dan secara terus menerus akan menimbulkan efek sebaliknya yaitu menurunkan kualitas tanah dalam penyerapan unsur hara. Salah satu upaya yang dapat ditempuh dalam mengembalikan kemampuan tanah dalam menyerap unsur hara adalah dengan mengganti pupuk anorganik dengan pupuk organik. Pupuk organik dapat mengembalikan kandungan organik di dalam tanah. pemberian pupuk organik dalam bentuk granul dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman. Pada proses granulasi, adonan pupuk mengalami pembesaran karena partikel-partikel halus saling menempel membentuk butiran yang lebih besar. Pupuk yang saling melekat mengalami perputaran akibat gerakan dari piringan tempat adonan. Perlu dilakukan pengadukan agar butiran yang dihasilkan tidak melebihi ukuran yang diinginkan. Jika waktu pengadukan tidak tepat, maka akan terjadi penggumpalan pada bagian bawah dan dinding-dinding piringan. Oleh sebab itu, perlu diketahui model gerak butiran pupuk pada proses granulasi untuk mengetahui waktu pengadukan yang tepat.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Tanod, Puyun Fierce MaaS. 2012. “Efektivitas Pupuk Organik Granul Terhadap Pertumbuhan, Produksi Dan Kadar Hara Npk Daun Jagung Manis Pada Latosol Dramaga Puyun Fierce Maas Tanod.” INSTITUT PERTANIAN BOGOR. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/61171.

. Yulia, Yopy Mardiansyah, Dadang Suhendra, and Sparisoma Viridi. 2015. “Perancangan dan Pembuatan Alat Pengamatan Gerak Partikel Granular Pseudo-2 Dalam Drum Yang Berputar Vertikal.” 2015(Snips): 109–12.

. Stanev, Rayko, Iliyan Mitov, Eckehard Specht, and Fabian Herz. 2014. “GEOMETRICAL CHARACTERISTICS OF THE SOLID BED IN A ROTARY KILN.” Journal of Chemical Technology and Metallurgy 49: 82–89.

Reference : https://dl.uctm.edu/journal/node/j2014-1/14-Raiko%20Stanev-82-89.pdf

. Rahman, Amin, Bodhi Febrianto, Crysta Aditya R, and Hendy Tryas Y. 2012. “RANCANG BANGUN MESIN PEMBUAT PUPUK ORGANIK GRANUL KAPASITAS 15 KG/JAM.” POLITEKNIK NEGERI SEMARANG.

Reference : http://tpa.fateta.unand.ac.id/index.php/JTPA/article/view/17

Published
2020-08-31
Section
Articles