Sistem Penunjang Keputusan Untuk Optimasi Penugasan Dalam Proyek Pengembangan Website Dengan Menggunakan Algoritma Hungarian

  • Ridwan Mulya Universitas Trilogi
  • Silvester Dian Handy Permana Universitas Trilogi
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Pengembangan Perangkat Lunak, Algoritma Hungarian, Assignment Problem

Abstract

Optimasi adalah sebuah topik yang mendapat banyak perhatian dari berbagai kalangan terutama bagi beberapa orang yang akan membuat sebuah keputusan. Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan (SPK) dapat membantu untuk mengambil keputusan yang dirasa paling optimal. Dalam makalah ini sistem pendukung keputusan digunakan untuk membantu memberikan pilihan penugasan yang optimal di dalam sebuah proyek pengembangan website. Assignment problem (AP) adalah suatu permasalahan yang memiliki tujuan untuk membagi pekerjaan kepada para pekerja untuk menghasilkan nilai minimum yang optimal. Algoritma Hungarian dipilih karena merupakan salah satu algoritma yang paling populer dalam memecahkan masalah optimasi penugasan dan dapat memberikan pilihan yang cukup optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]Teguh Suryo Santoso, Ahmad Saikhu, Rully Soelaiman. Desain danAnalisis Algoritma Modifikasi Hungarian untuk Permasalahan Penugasan Dinamis Pada Studi Kasus Permasalahan SPOJ Klasik 12749. JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 2, No. 1. ISSN: 2337-3539.2015
[2]Sri Eniyati. Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untukPenerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 16, No.2, Juli. ISSN : 0854-9524.2011.
[3]Marline Paendong, Jantje D. Prang. Optimisasi Pembagian Tugas Karyawan Menggunakan Metode Hungarian. Jurnal Ilmiah Sains Vol. 11 No. 1, April 2011.
[4]Alvin Susanto. Penggunaan Algoritma Hungarian Dalam Menyelesaikan Persoalan Matriks Berbobot. Makalah IF2251 Strategi Algoritmik Tahun 2008.
[5]DodiRaharjo. Proses Optimasi dan Idealisasi Masalah Penugasan Multi-Objective Menggunakan Metode Hungaria Pada Contoh Kasus Usaha Kerajinan Gitar di Ngrombo Baki Sukoharjo. perpustakaan.uns.ac.id.2010.
Published
2017-10-30

Most read articles by the same author(s)