Sistem Informasi Geografis Tempat Wisata Edukasi Di DKI Jakarta Berbasis Android

  • Denny Setia Putra Universitas Trilogi

Abstract

Jakarta merupakan salah satu tujuan pariwisata di Indonesia. Berbagai tempat wisata edukasi dapat ditemui di DKI Jakarta seperti Monas, TMII, Kebun Binatang Ragunan, Planetarium, dan lain-lain. Berbagai tempat tersebut sangat bermanfaat untuk menambah wawasan bagi para pengunjung. Umumnya pengunjung tempat wisata mencari informasi melalui internet dengan smartphone mereka. Banyak diantaranya yang membutuhkan informasi tentang tempat wisata edukasi di DKI Jakarta sebelum berkunjung. Penelitian ini nantinya akan dapat membantu masyarakat dalam mencari alamat dan lokasi geografis tempat wisata edukasi di DKI Jakarta. Dalam mengembangkan sistem informasi geogragis ini peneliti menggunakan bahasa pemrograman Java dan XML, dimana Java digunakan untuk membangun sistemnya dan XML digunakan untuk membangun user interface atau tampilan antar mukanya, sedangkan basis data yang digunakan yaitu MySQL. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah metodologi Waterfall. Aplikasi Sistem Informasi Geografis berbasis Android  ini merupakan suatu aplikasi pembantu yang dapat diakses oleh user untuk mendapatkan informasi geografis tentang tempat wisata edukasi di DKI Jakarta. Dengan menggunakan sistem informasi geografis dengan bahasa pemograman Java dan MySQL dalam pengolahan data dan penyajian informasi, diharapkan dapat menghasilkan informasi yang lebih cepat, tepat waktu dan akurat dibanding dengan sistem yang lainnya.

References

[1]Ardhana Kusuma Murya Yosef, Rancang Bangun Sistem Informasi Geografi Berbasis Android Pemetaan Fasilitas Automated Teller Machine Menggunakan Google Maps Api Dan Metode Uji Produk ISO 9126, Yogyakarta: 2017.
[2]R. F. S. Richard, Satoto Kodrat Imam dan Martono Teguh Kurniawan, “Implementasi Sistem Informasi Geografis Daerah Pariwisata Kota Semarang Berbasis Android Dengan Global Positioning System (GPS),” Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia,2014.
[3]Milzan Farijz, Kridalukmana Rinta, Windasari Ike Pertiwi, “Sistem InformasiProgram Studi Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Diponegoro,Semarang Indonesia, 2016.
[4]Kusuma Indra Jati, istem Informasi Geografis Pariwisata Pulau Lombok Berbasis Android, Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2013.
[5]Jumadi dan Widiadi Sigit “Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Berbasis Web Untuk Manajemen Pemanfaatan Air Tanah Menggunakan PHP, Java Dan MySQL Spatial (Studi Kasus Di Kabupaten Banyumas),”
Published
2017-10-31
How to Cite
PUTRA, Denny Setia. Sistem Informasi Geografis Tempat Wisata Edukasi Di DKI Jakarta Berbasis Android. JURNAL INTEGRASI, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 143-148, oct. 2017. ISSN 2548-9828. Available at: <http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JI/article/view/461>. Date accessed: 24 feb. 2018.