Pemetaan Daerah Rawan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Pulau Batam

  • Arif Roziqin Teknik Geomatika, Politeknik Negeri Batam
  • Fitri Hasdiyanti Teknik Geomatika, Politeknik Negeri Batam
Keywords: Kerawanan, Demam Berdarah, Informasi Geospasial.

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit karena virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan sebaran daerah rawan penyakit DBD di Pulau Batam. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan memberikan atribut dan scoring berdasarkan parameter fisik yang dianggap menyebabkan penyakit DBD. Parameter DBD adalah curah hujan, kelembaban udara dan kepadatan penduduk yang berpengaruh langsung terhadap habitat perkembangan nyamuk Aedes Aegypti. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam tahun 2015. Melalui tahapan scoring dan analisis data menghasilkan zona tingkat kerawanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pulau Batam termasuk daerah dengan tingkat kerawanan rendah. Informasi geospasial yang merupakan sebaran tingkat kerawanan penyakit demam berdarah di Pulau Batam disajikan dalam bentuk peta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]Achmadi U. F., Sukowati S, 2010. Demam Berdarah Dengue. Buletin Jendela Epidemiologi.
[2] Badan Pusat Statistik (BPS). Profil Kecamatan Kota Batam.
[3]Batam Pos, 2016. Korban DBD Meninggal Bertambah, Dinkes Batam Dinilai Gagal,Website:https://suprizaltanjung.wordpress.com/2016/02/05/korban-meninggal-bertambah-dinkes-batam-dinilai-gagal/, diakses tanggal:05 Februari 2016.
[4] Dinas Kesehatan Kota Batam. Jumlah Penderita DBD Tahun 2015.
[5]Kementrian Kesehatan RI. 2007. Waspada Demam Berdarah. Jakarta: Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan Kemenkes RI.
[6]Prahasta, E. 2009. Sistem Informasi Geografis Konsep-konsep Dasar. Bandung: Informatika Bandung
[7]Roziqin, A. 2016. Pemodelan SIG untuk Kesesuaian Lahan Permukiman Wilayah Pesisir Nongsa di Pulau Batam. Seminar Nasional Teknologi Terapan (SNTT) UGM.
[8]Roziqin, A., Gustin, O. 2017. Pemetaan Perubahan Garis Pantai Menggunakan Citra Penginderaan Jauh di Pulau Batam. Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS) Politeknik Negeri Bandung.
[9]Roziqin, A., Kusumawati, N.I.2017. Analisis Pola Permukiman Menggunakan Data Penginderaan Jauh di Pulau Batam. Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS) Politeknik Negeri Bandung.
Published
2017-10-25