Rancang Bangun Pengamanan FTP Server dengan Menggunakan Secure Sockets Layer

  • Molavi Arman Manajemen Informatika, AMIK MDP

Abstract

Teknologi informasi yang berkembang pesat didalam kehidupan manusia, membuat kebutuhan akan sistem penyimpanan data terpusat menjadi sesuatu yang penting dalam penyimpanan arsip digital. Data tidak hanya disimpan dalam sebuah personal computer desktop tetapi media penyimpanan data terpusat menjadi alternatif dalam media penyimpanan, guna menjaga dari kehilangan data atau backup data.


Teknologi jaringan (network) komputer merupakan solusi yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi penyimpanan data. Jaringan komputer merupakan kumpulan beberapa komputer dan perangkat jaringan lain yang saling terhubung melalui media perantara.


FTP (File Tranfer Protocol) umumnya berfungsi sebagai media tukar menukar file atau data dalam suatu network yang menggunakan koneksi TCP. Protokol FTP tidak cukup aman dikarenakan pada saat autentifikasi output karakter berupa plaintext dan disaat transfer data tidak ada enkripsi untuk melindungi. Protokol FTP butuh penambahan keamanan, dengan  menggunakan protokol TLS (Transport Layer Security) dan Auth SSL untuk mengamankan protokol FTP pada saat autentikasi dan proses transfer data.


Manajemen user dan kuota dalam penggunaan FTP dikombinasikan dengan database,  untuk memudahkan memasukkan data kedalam database ditambahkan script PHP yang nantinya berbentuk interface web.


Proses memasukkan user, kuota , password dan field lainnya kedalam database serta  soal keamanan autentikasi login dan  transfer data, maka dengan penjelasan diatas tema yang dipilih adalah pengamanan FTP server dengan menggunakan Secure Sockets Layer (SSL).

Published
2017-04-28
How to Cite
ARMAN, Molavi. Rancang Bangun Pengamanan FTP Server dengan Menggunakan Secure Sockets Layer. JURNAL INTEGRASI, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 16-23, apr. 2017. ISSN 2548-9828. Available at: <http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JI/article/view/272>. Date accessed: 26 sep. 2017.