Identifikasi Fitur Laptop beserta Orientasinya dengan Metode Apriori dan Lexicon-Based

  • Try Satria Amanattullah Politeknik Negeri Batam
  • Hilda Widyastuti Politeknik Negeri Batam
  • Festy Winda Sari Politeknik Negeri Batam
Keywords: Identifikasi Fitur, Apriori, Orientasi Fitur, Lexicon-Based, Opinion Mining

Abstract

Perkembangan laptop saat ini sangat pesat. Para produsen menggunakan media sosial misalnya fan page di Facebook untuk mempromosikan produknya. Semakin banyaknya pilihan membuat seseorang kesulitan dalam menentukan suatu laptop bagus atau tidak, direkomendasikan atau tidak. Review-review dan komentar-komentar yang ada di fan page tentang merek-merek laptop baru  bisa dijadikan sebagai pengetahuan untuk menentukan apakah laptop baru tersebut bagus atau tidak. Jumlah review dan komentar yang ada di fan page sangat banyak sehingga diperlukan proses otomatisasi. Untuk keperluan tersebut digunakan opinion mining mencakup identifikasi target opini dan penentuan orientasinya. Identifikasi target opini digunakan untuk mengetahui fitur-fitur laptop yang dibicarakan dalam sebuah komentar sedangkan penentuan orientasi digunakan untuk menentukan apakah komentar bersifat positif atau negatif.

Data yang digunakan untuk penelitian ini diambil dari data fans page Facebook yang kemudian dianalis menggunakan metode Apriori untuk menghasilkan fitur laptop sebagai target opini dan metode Lexicon-based untuk menentukan orientasi fitur laptop, apakah berorientasi positif atau negatif. Penelitian juga menghasilkan kesimpulan dari data review dan  komentar yang telah diproses.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Bahisindra, 2015, ”Aplikasi Analisis Sentimen dengan Metode Lexicon-Based Untuk Menilai Produk Smartphone Baru”, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam, 2015.

R. Gusnaldy, “Aplikasi Menentukan Topik Pembahasan suatu Produk pada Twitter”, Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam, 2015.

K.Khan, B. Baharudin, A. Khan, A. Ullah, “Mining Opinion Components from Unstructured Reviews: A review”, Journal of King Saud University- Computer and Information Sciences, 2014.

L. Zhang, B. Liu, “Identifying noun product features that imply opinions”, in Proceedings of the 49th Annual Meeting of the Association for Computational Linguistics: Human Language Technologies: short papers, vol. 2. Association for Computational Linguistics, 2011, pp. 575-580.

B. Liu, “Sentiment analysis and subjectivity”, in Indurkhya, N., Damerau, F.J., (Eds.), Handbook of Natural Language Processing, 2010, pp. 627–666.

Erwin, “Analisis Market Basket dengan Algoritma Apriori dan FP-Growth”, Jurnal Generic, 2009.

L. Ferreira, N. Jakob, I. Gurevych, A comparative study of feature extraction algorithms in customer reviews. Paper presented at the Semantic Computing, 2008.

M. Hu, B. Liu, “Mining and summarizing customer reviews”, in Proceedings of the tenth ACM SIGKDD international conference on Knowledge discovery and data mining, 2004, pp. 168–177.

K. Dave, S. Lawrence, D. M. Pennock, “Mining the peanut gallery: opinion extraction and semantic classification of product reviews”, in www’03 Proceedings of the 12th international conference on World Wide Web, 2003.

Published
2017-12-30
How to Cite
[1]
T. Amanattullah, H. Widyastuti, and F. Sari, “Identifikasi Fitur Laptop beserta Orientasinya dengan Metode Apriori dan Lexicon-Based”, JAIC, vol. 1, no. 2, pp. 33-37, Dec. 2017.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)