Identifikasi Fitur Laptop beserta Orientasinya dengan Metode Apriori dan Lexicon-Based

  • Try Satria Amanattullah Politeknik Negeri Batam
  • Hilda Widyastuti Politeknik Negeri Batam
  • Festy Winda Sari Politeknik Negeri Batam

Abstract

Perkembangan laptop saat ini sangat pesat. Para produsen menggunakan media sosial misalnya fan page di Facebook untuk mempromosikan produknya. Semakin banyaknya pilihan membuat seseorang kesulitan dalam menentukan suatu laptop bagus atau tidak, direkomendasikan atau tidak. Review-review dan komentar-komentar yang ada di fan page tentang merek-merek laptop baru  bisa dijadikan sebagai pengetahuan untuk menentukan apakah laptop baru tersebut bagus atau tidak. Jumlah review dan komentar yang ada di fan page sangat banyak sehingga diperlukan proses otomatisasi. Untuk keperluan tersebut digunakan opinion mining mencakup identifikasi target opini dan penentuan orientasinya. Identifikasi target opini digunakan untuk mengetahui fitur-fitur laptop yang dibicarakan dalam sebuah komentar sedangkan penentuan orientasi digunakan untuk menentukan apakah komentar bersifat positif atau negatif.


Data yang digunakan untuk penelitian ini diambil dari data fans page Facebook yang kemudian dianalis menggunakan metode Apriori untuk menghasilkan fitur laptop sebagai target opini dan metode Lexicon-based untuk menentukan orientasi fitur laptop, apakah berorientasi positif atau negatif. Penelitian juga menghasilkan kesimpulan dari data review dan  komentar yang telah diproses.

Published
2017-12-17
How to Cite
AMANATTULLAH, Try Satria; WIDYASTUTI, Hilda; SARI, Festy Winda. Identifikasi Fitur Laptop beserta Orientasinya dengan Metode Apriori dan Lexicon-Based. JOURNAL OF APPLIED INFORMATICS AND COMPUTING, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 33-37, dec. 2017. ISSN 2548-6861. Available at: <http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC/article/view/508>. Date accessed: 24 feb. 2018.
Section
Articles